Monday, November 5, 2012

Contoh Format RPP dan SIlabus Berkarakter Terbaru 2013



SEKOLAH
:

MAPEL
:

KELAS /SMT
:

WAKTU
:



A. STANDAR KOMPETENSI

1. ……………………………………………………………………………………

B.  KOMPETENSI DASAR

1.1.   ……………………………………………………………………………

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI


D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
...........................................................................................................................

E MATERI BELAJAR
1. Pertemuan 1
………………………………………………………………………..

F.    METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode
:
………………………………………………
2.
Model Pembelajaran
:
……………………………………………

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1 : ……………………………………………………………………

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
………………………………………………………


2.
Kegiatan Inti:
a Eksplorasi
………………………………………………………
b Elaborasi
………………………………………………………
c Konfirmasi
……………………………………………………

3.
Penutup :
……………………………………………………



H.  SUMBER BELAJAR
1.     …………………………………………………………………….
2.     …………………………………………………………………….

I.  PENILAIAN
Indikator penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk
instrumen
Instrumen
...............................
…………
…………
…………
…………
................

...............................
…………
…………
…………
…………
................





Skor nilai : Skor perolehan x ………


Kunci Jawaban:
No
Jawaban
Skor nilai
1.
……………………………………………


2.
……………………………………………

3.


4.


5.



Jumlah skor maksimal





Bagi sobat yang memerlukan file dalam bentuk office word saya telah sediakan juga bagi sobat yang membutuhkannya, silahkan tinggal download saja gratis.
Link downloadnya adalah sebagai berikut:
Link 1 DOWNLOAD
Link 2 DOWNLOAD


Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, meliputi

1)    Kegiatan pendahuluan

Dalam kegiatan pendahuluan, guru; .
a.  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
c.  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2)  Kegiatan inti

A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.  Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
b. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
c.  Memfasilitasi  terjadinya  interaksi  antarsiswa  serta  antara  siswa  dengan  guru,  lingkungan,  dan  sumber belajar lainnya.
d. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
e. Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.

B. ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.    Membiasakan  siswa  membaca  dan  menulis  yang  beragam  melalui  tugas-tugas  tertentu  yang bermakna.
b.    Memfasilitasi  siswa  melalui  pemberian  tugas,  diskusi  dan  lain-lain  untuk  memunculkan  gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
c.     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
d.    Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatifdan kolaboratif.
e.    Memfasilitasi siswa berkompetisi secarasehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
f.     Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukanbaik lisan maupun tertulissecara individual maupunkelompok.
g.    Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
h.     Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
i.      Memfasilitasi  siswa  melakukan  kegiatan  yang  menumbuhkan  kebanggaan  dan  rasa  percaya  diri siswa.

C. KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a Memberikan  umpan  balik  positif  dan  penguatan  dalam  bentuk  lisan,  tulisan,  isyarat,  maupun  hadiah terhadap keberhasilan siswa.
b.  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
c.  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d.  Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
(1 Berfungsi sebagai narasumber  dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
(2Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi. (3Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan
(4Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3 Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.  Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.  Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
d Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling  dan/atamemberikan  tugas  baik  tugas  individual  maupukelompok  sesuai  dengahasil belajar siswa.
e.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

 
back to top //PART 2