Tuesday, September 11, 2012

Standar Isi KTSP 2006 Mata Pelajaran Biologi SMA/MA


STANDAR ISI KTSP 2006
MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA

A.      Latar Belakang
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang fenomena alam secara sistematis, sehingga bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja. Akan tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA termasuk biologi di sekolah diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Pendidikan biologi menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan biologi diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang diri dan alam sekitarnya.
Biologi sebagai salah satu cabang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi ketrampilan: mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan, menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil temuan baik secara lisan maupun tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.

B.       Tujuan
Mata pelajaran biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.    Membentuk sikap positip terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
2.    Memupuk sikap ilmiah, yaitu: jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain.
3.    Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaannya secara lisan dan tertulis.
4.    Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi.
5.    Mengembangkan penguasaan konsep, prinsip dan saling keterkaitannya dengan ipa lainnya serta mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap percaya diri.
6.    Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana berkaitan dengan kebutuhan manusia.
7.    Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.

C.       Ruang Lingkup
Mata pelajaran biologi di SMA/MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/ MTS yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1.    Hakekat biologi, keanekaragaman hayati dan klasifikasi mahluk hidup, hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
2.    Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
3.    Proses yang terjadi pada tumbuhan, metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.

No comments:

Post a Comment

 
back to top //PART 2